Rabu, 23 Maret 2011

Papercraft Nusantara


Papercraft Nusantara
A. Perencanaan produk papercraft
Desain produk papercraft merupakan hasil karya seni rupa berupa rancangan benda pakai yang memanfaatkan bahan kertas menjadi produk berbentuk objek 3 dimensi. Kertas memiliki banyak jenis pilihan dan dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk produk 3 dimensi yang indah dan menarik. Bentuk model dan hiasan karakternya dapat dikreasikan sesuai keinginan/kesukaan kreator.
Motif hias di wilayah Nusantara, mempunyai ciri khas masing-masing. Ciri khas itu yang akan menggambarkan keadaan suatu daerah  tersebut. Oleh karena itu, pada saat melihat suatu karya, banyak orang langsung mengetahui bahwa motif itu berasal dari daerah tertentu. Misalnya, motif hias daerah Jakarta, motif hias daerah Yogya, motif hias Kalimantan, motif hias Papua, Motif Hias Sumatera dan lain-lain.
 Berikut ini contoh papercraft:


Dalam pelajaran desain produk papercraft Nusantara ini, akan dipelajari bersama tentang bagaimana sebenarnya membuat papercraft yang tidak hanya bersifat kontemporer, tetapi juga bersifat Nusantara/ memiliki atau memadukan ciri khas budaya daerah dari Indonesia. Papercraft Nusantara dibuat dengan cara manual di mulai dengan membuat gambar kerja
contoh gambar kerja:


Untuk perencanaan rancangan Produk Papercraft, perencanaannya dapat memanfaatkan sumber informasi dari internet, misalnya mencari motif hias nusantara, maupun bentuk-bentuk papercraft yang di sukai oleh siswa.
      
    Selain itu, proses pembentukan menggunakan mal/cetakan yang dibuat berdasarkan ukuran yang telah direncanakan dalam rancangan gambar kerja. Penggunaan cara tersebut untuk memudahkan pembuatan papercraft dan lebih sistematis.


B.Membuat Papercraft Nusantara
Saat membuat papercraft, banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya menentukan motif hias berdasarkan ciri khas suatu daerah. Ada daerah yang selalu mengkombinasikan stilasi bentuk alam sekitar maupun penggunaan warna yang memiliki filosofi tersendiri bagi daerah tersebut.
Karya seni papercraft banyak diminati orang karena bentuknya yang unik, hasilnya juga indah dan menarik. Karya papercraft dapat dibuat dengan berbagai bahan kertas.
1.      Persiapan Alat dan bahan
a.       Kertas/karton  polos
b.      pewarna (pensil, spidol, krayon, cat, tinta)
c.       alat pemotong kertas
d.      perekat
2.      Proses pembuatan
a.       Buatlah pola untuk membentuk model papercraft pada kertas
b.      Gambarlah motif hias
c.       Warnai pola yang telah diberi motif hias 
3.       Finishing
a.       Potonglah pola papercraft
b.      Susun pola sesuai bentuk
c.       Rekatkan tiap-tiap bagian sehingga menjadi bentuk yang di rencanakan
d.      Periksa kembali produk yang telah dibuat sehingga terlihat rapi.\

TUGAS
Gunakan gambar kerja dan contoh model pola papercraft dibawah ini untuk membuat Papercraft Nusantara!


http://paperkraft.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar